BERANDA Headline ATM Kejaksaan, Bupati Pakpak Bharat & David Ditahan KPK

ATM Kejaksaan, Bupati Pakpak Bharat & David Ditahan KPK

JAKARTA | Bupati Pakpak Bharat, Sumatera Utara, yang juga Ketua DPC Partai Demokrat, Remigo Yolanda Berutu sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka. Remigo pun telah ditahan atas suap pengurusan sejumlah proyek di Kabupaten Pakpak Bharat.

Menanggapi ditahannya Reminggo, Sekretaris Jenderal Partai Demokrar Hinca Panjaitan menegaskan partainya segera memecat bupati yang selama bertahun-tahun jadi anjungan tunai mandiri (ATM) berjalan Poldasu dan Kejatisu bahklan Kejaksaan Agung dipimpinan HM Prasetyo tersebut.

“Begitu KPK bilang tersangka, sama dengan sikap Demokrat tak berubah, langsung kami pecat dan kami ganti,” tegas Hinca pada wartawan, Senin (19/11/2018).

Hinca mengatakan, partainya selalu tegas dalam menangani kader yang terjerat kasus korupsi. Namun tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah.

“Kalau di Demokrat soal korupsi begitu kena tersangka mau tahun pemilu, bukan tahun pemilu sama saja. Tapi kami menghormati asas praduga tak bersalah,” tambahnya.

KPK menahan Bupati Remigo Yolanda Berutu, Plt Kadis PUPR Pakpak Bharat David Anderson Karosekali, dan pihak swasta Hendriko Sembiring. Ketiganya ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan sejumlah proyek di Kabupaten Pakpak Bharat.

UNtuk diketahui, selama ini David Andreson karo Sekali adalah ‘pemain’ Reminggo dalam hal korupsi dan suap pada aparat kepolisian dan kejaksaan. Sebelumnya, David juga lolos dari jeratan pidana korupsi Kejaksaan Tinggi Sumut dan Poldasu, sementara Kadis PUPR Pakpak Bharat saat itu, Mahadi Simanjuntak ditahan dan divonis 6 tahun dalam kasus korupsi. David cuma sempat ditahan selama 1 malam oleh Kejati Sumut.

Dijelaskan Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, ketiga tersangka tersebut ditahan di rumah tahanan (rutan) yang berbeda-beda. KPK menahan Bupati Remigo dan dua tersangka lainnya selama 20 hari.

“RYB (Remigo Yolanda Berutu) ditahan di Rutan KPK Kavling C1, DAK (David Anderson Karosekali) ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur dan HSE (Hendriko Sembiring) di Rutan K4 belakang Gedung Merah Putih KPK,” kata Febri.(Hus)

Loading...