BERANDA Politik Atribut Demokrat Dirusak, Andi Arief Bikin Cuit-an, PDIP Meradang

Atribut Demokrat Dirusak, Andi Arief Bikin Cuit-an, PDIP Meradang

RIAU | Heryd Swanto (22) ditangkap warga setelah diduga merusak atribut Partai Demokrat, di Riau, Sabtu (15/12) dini hari. Polisi pun masih memeriksa pria yang mengaku bersama 34 orang lainnya ada yang nyuruh melakukan perusakan tersebut.

Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief mengatakan, terduga pelaku perusakan bendera dan baliho Partai Demokrat itu merupakan orang suruhan kader PDIP. Menurut Andi Arief, saat ditangkap pelaku mengaku diperintah orang bernama Budi Yoto.

Disebutkannya, Budi Yoto merupakan adik kandung Hendra yang merupakan caleg PDIP. Menurut Andi Arief, Hendra merupakan supir Robin Hutagalung, ketua DPC PDIP Kota Pekanbaru.

“Hendra supir dari Robin Hutagalung ketua DPC PDIP. Karena menyangkut PDIP kita enggak gegabah. Hubungan selama ini baik dan enggak saling mengganggu. Kita serahkan polisi untuk kebenarannya,” cuit Andi Arief lewat akun Twitternya @AndiArief, Minggu (16/12/2018).

Terpisah, PDIP melalui Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan sudah menginstruksikan Pelaksana Tugas DPD PDIP Riau, Rokhmin Dahuri untuk mengecek tudingan Demokrat terkait perusakan baliho dan bendera. Dan terbukti tidak benar ada kadernya melakukan perusakan atribut partai berlambang mercy tersebut.

“Sama sekali tidak benar. Bahkan Pak Rokhmin Dahuri yang bertugas sebagai Plt Ketua DPD, langsung ke sana,” kata Hasto di Asahan, Sumatera Utara, Minggu (16/12).

Katanya, tudingan Demokrat membuat kadernya di tingkat ranting merasa tersinggung. Mereka protes keras.

Disebutkannya, ada pihak yang mencoba mengganggu elektabilitas partai berlambang banteng bermoncong putih itu. Dia menyarankan agar segera menempuh jalur hukum. Jangan hanya berkeluh kesah saja.

Diketahui, Heryd Swanto (22) ditangkap warga pada Sabtu (15/12) sekitar pukul 01.45 WIB. Aksi terduga pelaku saat itu pergoki saksi berinisial DZ (36).

Saksi saat itu sedang berjalan menggunakan sepeda motor di Jalan Sudirman mengarah ke bandara. Saat melintas di sekitar SPBU Sudirman, saksi melihat seorang pria memanjat baliho dan merobeknya menggunakan pisau cutter.

“Saksi langsung berteriak ke arah diduga pelaku, kemudian pelaku melompat dan kabur dan sempat terjatuh,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo pada wartawan, Sabtu (15/16).

Saksi berusaha mengejar pelaku dan berhasil menangkapnya. Saksi kemudian membawa pria tersebut ke Hotel Pangeran untuk diserahkan ke Sekjen DPD Partai Demokrat Riau Edi A Muhammad Yatim.

Pelaku kemudian diserahkan ke aparat Polresta Pekanbaru. Saat ini pelaku tengah diperiksa intensif berdasarkan laporan Edi dengan nomor LP/1110/XII/2018/SPKT Unit I Polresta PKU.(Ril)

Loading...