BERANDA Korupsi Berpeluang, KPK Seret Lippo Group Tersangka Korporasi

Berpeluang, KPK Seret Lippo Group Tersangka Korporasi

JAKARTA | Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus PT Lippo Group terkait suap proyek pembangunan Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Tak menutup kemungkinan KPK bakal menjerat perusahaan besar itu sebagai tersangka korporasi.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarief menegaskan, saat ini pihaknya tengah memeriksa Direktur Keuangan PT Mahkota Sentosa Utama (MSU), Hartono. Pemeriksaan dilakukan untuk menelisik aliran uang suap yang berasal dari tersangka Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro kepada sejumlah pejabat Kabupaten Bekasi.

“Proyek itu (Meikarta) sangat besar dan ada beberapa perusahaan yang terlibat. Jadi semua informasi apakah proses suap menyuap itu bagian dari perusahaan atau individu, uang berasal dari mana, itu yang akan kami rinci,” kata Syarief di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018).

PT MSU merupakan anak perusahaan PT Lippo Cikarang Tbk dan sebagai penggarap proyek Meikarta. Jika nanti terbukti suap yang dilakukan Billy berasal dari PT Lippo Group, maka tak menutup kemungkinan KPK bakal menjerat perusahaan tersebut sebagai tersangka korporasi.

“Kami akan tetapkan langkah berikutnya. Semua ada kemungkinan untuk itu (jerat Korporasi Lippo Group),” tegas Laode.

Laode belum bisa menjelaskan lebih rinci aliran uang suap dari Billy tersebut. Penyidik KPK masih melakukan pendalaman terkait kasus itu.(Nis)

Loading...