BERANDA Korupsi Bertamabah, Bimanesh Dihukum jadi 4 Tahun Penjara

Bertamabah, Bimanesh Dihukum jadi 4 Tahun Penjara

JAKARTA | majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengabulkan permintaan banding jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait vonis Bimanesh Sutarjo. Bimanesh merupakan dokter yang merawat Setya Novanto saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau.

Hasilnya, Pengadilan Tinggi DKI memperberat vonis Bimanesh Sutarjo menjadi 4 tahun penjara denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan.

Pada peradilan tingkat pertama, Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menjatuhkan vonis 3 tahun penjara, denda Rp 150 juta atau subsider satu bulan kurungan. Padahal, jaksa menuntut Bimanesh pidana penjara selama 6 tahun, denda Rp 300 juta atau subsider 3 bulan kurungan.

“Merubah putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 16 Juli 2018 Nomor 17/Pid.Sus-TPK/2018/PN.Jkt.Pst yang dimintakan banding tersebut,” tegas Ketua Majelis Hakim, Ester Siregar, Senin (5/11/2018).

Sebelumnya, Bimanesh Sutarjo, dalam pembelaannya, bersikukuh tidak berniat menghalangi penyidikan KPK. Dia berdalih tindakannya merawat Setya Novanto saat kecelakaan, murni untuk menjalankan tugasnya sebagai dokter tanpa melihat latar belakang pasien.

Katanya, pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi merupakan pihak yang aktif menghalangi penyidik KPK yang tengah bertugas. Bimanesh bahkan mengaku, dia lah yang mengusulkan ke penyidik dan dokter KPK untuk memindahkan Setya Novanto yang saat itu sudah berstatus tersangka, ke RSCM untuk melakukan CT Scan.

Bimanesh Sutarjo diduga merintangi penyidikan KPK dengan mengubah diagnosa Setya Novanto saat dibawa ke rumah sakit Medika Permata Hijau usai mengalami kecelakaan mobil.

Bimanesh diketahui mendapat telepon dari Fredrich Yunadi, kuasa hukum Setya Novanto saat itu, yang menyatakan skenario mantan Ketua DPR itu adalah kecelakaan. Dari telepon tersebut jaksa menilai telah terjadi meeting of mind terhadap rangkaian skenario Novanto masuk ke rumah sakit.(Per)

Loading...