BERANDA Internasional Gempa 6,7 SR Guncang Jepang, 44 Tewas Lainnya Hilang

Gempa 6,7 SR Guncang Jepang, 44 Tewas Lainnya Hilang

JEPANG | Jumlah korban tewas akibat gempa bumi 6,7 SR yang mengguncang Hokkaido, Jepang, pada Kamis (6/9/2018) mencapai 44 orang. Sementara sejumlah orang lainnya dinyatakan masih hilang.

Juru bicara pemerintah, Yoshihide Suga, mengatakan, tidak ada lagi orang yang dilaporkan hilang hingga Senin (10/9/2018), mengindikasikan jumlah korban tewas tersebut sudah final.

Meski demikian, sekitar 40.000 personel, termasuk anggota Pasukan Bela Diri dan kepolisian Jepang, masih disiagakan di Hokkaido untuk membantu korban selamat. Saat ini, 2.700 warga masih tinggal di pengungsian karena rumah mereka rusak berat dan tertimbun longsor. Petugas juga membantu memperbaiki infrastruktur yang rusak.

“Pemerintah akan berusaha memberikan apa yang dibutuhkan di lapangan dan melakukan segala hal sehingga warga dapat kembali ke kehidupan normal yang aman sesegera mungkin,” sebut Suga sebagaimana dikutip dari AFP.

Sebagian besar korban tewas berasal dari kota di pegunungan, Atsuma. Mereka ditemukan tertimbun longsor di rumah-rumah. Longsor terjadi di banyak titik di Atsuma, mengubah daratan yang tadinya hijau menjadi coklat akibat tertutup material tanah.

Dia tetap mengingatkan kepada warga yang tinggal di pegunungan untuk tetap waspada karena hujan masih sering turun. Curah hujan yang tinggi bisa memicu longsor susulan karena kondisi tanah tak stabil setelah diguncang gempa.

Gempa di Hokkaido ini merupakan yang terkuat dirasakan warga. Banyak yang mengungkapkan, guncangan kali ini merupakan yang paling hebat, tidak pernah terjadi sebelumnya. Apalagi, dampak gempa menyebabkan tanah longsor.(**)

 

Loading...