BERANDA Internasional Korut Perluas Lokasi Pangkalan Nuklir

Korut Perluas Lokasi Pangkalan Nuklir

KORUT | Korea Utara (Korut) memperluas basis rudal jarak jauh dan nuklirnya dalam beberapa bulan sejak pertemuan puncak antara pemimpin negara itu, Kim Jong Un, dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Hal itu sesuai gambar satelit yang diterbitkan oleh CNN pada Rabu (6/12/2018).

Kim dan Trump bertemu di Singapura pada Juni dan menandatangani dokumen yang bertujuan mencapai denuklirisasi lengkap di semenanjung Korea, meski tidak dijelaskan secara spesifik bagaimana hal itu terjadi.

Dilansir CNN, Korut memperbesar pangkalan rudal Yeongjeo-dong di pedalaman pegunungan dan membangun fasilitas lain yang sebelumnya tidak pernah diidentifikasi secara publik.

Para ahli menegaskan, lokasi itu cocok menjadi ‘tuan rumah’ dari rudal jarak jauh terbaru Korut, bahkan bisa membawa hulu ledak nuklir.

“Kami sangat memperhatikan Korea Utara tetapi kami tidak dapat membahas aktivitas intelijen,” sebutKORUTnyataan Pentagon, seperti dilaporkan AFP, Kamis (6/12/2018).

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu Trump mengaku berharap untuk bisa kembali bertemu dengan Kim pada awal 2019.

Namun, Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengatakan, Trump berpikir Kim masih belum memenuhi komitmen yang dia buat di KTT Singapura.

Para pejabat AS bersikeras agar Korut melakukan denuklirisasi lengkap, diverifikasi, dan ireversibel dari semenanjung Korea sebelum sanksi keras dicabut.

Namun Korut menolak tuntutan atas apa yang mereka sebut perlucutan senjata “sepihak”.(RTS)

Loading...